Shalat Lima Waktu

Ibadah seorang muslim salahsatunya adalah mendirikan shalat yang lima waktu. Shalat merupakan sifat yang wajib bagi setiap orang islam. Shalat ibarat symbol bagi ibadah yang paling utama, karena dengannya setiap orang tahu bahwa kita beragama islam. Di dalam shalat terbagi atas dua bagian yaitu wajib dan sunnah. Yang wajib artinya harus dikerjakan, sedang yang sunnah tidak dikerjakan tidak apa-apa, tetapi jika dikerjakan semakin lebih baiklah agama dan dirinya.

Shalat yang lebih baik sangat dianjurkan tumaninanya, yang dimaksud dengan tumanina adalah berhenti sesaat setelah lafadz shalat dan berhenti sesaat setiap ada gerakan perpindahan dari berdiri ke ruku, dari ruku ke sujud dan seterusnya. Apabila tumanina diperhatikan akan terasa shalat itu ke arah khusyu’ yang insya Allah akan menjadikan sempurna shalatnya. Sungguh ini sangat dianjurkan bagi setiap muslim.

Shalat lima waktu itu ibarat membersihkan diri dari kejahatan. Dengan adanya lima waktu kita selalu ingat kepada Tuhan dan diberikan kedekatan hati kepada sang Kholik. Dan barang siapa manusia yang dekat dengan Allah S.W.T insya Allah akan dihindarkan dari kejahatan yang disengaja maupun yang tidak disengaja dari kejahatan yang kecil bahkan sampai dari kejahatan yang besar sekalipun.

Setiap manusia tidak pernah diberitahu akan waktu yang akan berakhir bagi setiap egonya (maksud ego : diri sendiri). Dan dari sinilah kekuatan yang Maha Besar dan Maha Kuasa benar-benar besar dan berkuasa. Secara tak langsung manusia itu diciptakan dari tidak tahu menjadi tahu dan tidak bisa tahu akan sesuatu yang akan terjadi nanti dan hanya sang Kholiklah yang sangat tahu akan hal ini. Jadi waktu adalah hal yang sangat bisa dimanfaatkan di saat waktu itu ada dan waktu berakhir saat waktu itu tidak ada lagi.

Dari tulisan pendek diatas jika disimpulkan : Shalat Lima Waktu itu sangat baik karena ia mengatur waktu antara dua hubungan, yaitu manusia dengan manusia dan manusia dengan Tuhan. Agar keduanya tidak terlepas maka pentinglah shalat lima waktu dalam agama islam. Kelak sangat beguna bagi semua pemeluknya.

Advertisements

5 Responses

  1. Betapa besar manfaat shalat bagi manusia..

    dengan shalat kita juga menunjukkan eksistensi kita sebagai hamba Sang Khalik…jadi kl ga shalat ya gak bakal dianggap hamba-Nya

    naudzibillah…

  2. hadddiirrr…
    pagi buta mengunjungi sahabat… berharap ada secangkir kopi untuk menghangatkan diri…

    • Hhhmm…, betul sekali sahabat. harus tuma’nina…,
      mungkin karena manusianya aja yang sudah merasa begitu ahli dalam sholat jadi patasss exxprreeess deh…:)
      soale latihannya dari kecil 🙂
      postingan yang luar biasa.. terima kasih ya….
      cu…

  3. Assalamu’alaikum,

    Banyak hal yang sering kita lupakan dari shalat ini. Allah dengan tegas menyatakan shalat kita itu harus mampu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar. Jadi bukan shalat yang hanya sekedar menggugurkan kewajiban saja .

    Shalat juga nanti di akhirat yang pertama kali harus dipertangjawabkan di hadapan Allah.

    Tulisan yang bagus dan perlu sekali untuk menyegarkan kesadaran kita akan kewajiban shalat.

    Terima kasih.
    Salam dari Cianjur

  4. […] akan datang pemimpin terbaik, doa, ibadah dan […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: